Ingin Membeli Rumah Dengan Sistem KPR? Simak Tips Berikut!

In TIPS DAN INFO 7 views

Harga properti, khususnya rumah yang bisa dikatakan terus meningkat dari waktu ke waktu, membuat rumah menjadi properti yang hampir mustahil dibeli semua kalangan dengan cara cash. Ya, adanya gap yang cukup jauh dari penghasilan dan harga rumah mendukung stigma tersebut. Oleh karenanya, sistem KPR atau pembelian rumah secara kredit menjadi opsi.

Tidak dimungkiri memang jika KPR akhirya muncul sebagai solusi yang paling masuk akal bagi seseorang untuk memiliki rumah pertama mereka. Hal ini juga terlihat adanya opsi KPR dari hunian baru yang dibangun oleh para developer.

Hanya saja, tentu, ketika Anda hendak memutuskan mengambil KPR guna mendapatkan rumah baru, Anda tidak bisa melakukannya dengan asal. Ada beberapa pertimbangan yang cukup krusial dan penting dilakukan agar Anda tidak menemukan masalah selama proses KPR.

Membeli Rumah

Membeli Rumah

Apa saja pertimbangan penting yang perlu diketahui? Simak ulasannya!

Tips Mengajukan KPR Rumah Agar Tidak Bermasalah

Ketika memutuskan untuk mengambil KPR, maka Anda harus menyadari konsekuensi, terlebih perihal cicilan yang harus dibayarkan pada waktu yang tepat. Tidak hanya itu, Anda juga harus konsisten melakukan pembayaran tersebut sesuai periode waktu cicilan yang dipilih. Hal inilah yang membuat keputusan KPR harus diambil dengan matang.

Tidak hanya itu, ada beberapa tips lain yang perlu diperhatikan terkait KPR tersebut. Beberapa tips lain yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membersihkan rekam jejak kredit

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika hendak mengajukan KPR adalah rekam jejak kredit. Ini adalah hal yang sangat penting karena pada dasarnya rekam jejak kredit akan ditelusuri pihak bank terkait ketika pengajuan KPR.

Nah, agar pengajuan KPR diterima dan keinginan Anda memiliki rumah terlaksana, maka Anda harus menjaga pola pembayaran dari semua tagihan yang mungkin dimiliki. Jika Anda memiliki tagihan, maka Anda perlu menjaga tagihan tersebut hingga kurang dari dua tahun.

Selain itu, pastikan jika Anda tidak memiliki masalah tagihan. Pengajuan KPR bisa jadi gagal karena adanya tagihan yang terlalu lama tidak dibayar.

2.Lihat spesifikasi rumah

Melihat detail spesifikasi rumah juga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum mengajukan KPR. Anda mungkin berorientasi memiliki rumah yang besar dengan halaman yang luas dan berada di lokasi strategis.

Memang, gambaran dari rumah tersebut memang sangat menyenangkan. Anda pun akan merasakan kenyamanan yang lebih jika memilikinya.

Hanya saja, Anda harus menyadari bahwa spesifikasi rumah akan berpengaruh pada jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Semakin tinggi spesifikasi rumah yang diinginkan, maka tagihan yang harus dibayar akan semakin tinggi. Oleh karenanya, bijaklah dalam memilih rumah dengan detail spesifikasi yang diberikan agar tidak terlalu membebani.

3. Pikirkan kondisi keuangan

Ketika hendak memutuskan untuk mengambil KPR untuk mendapatkan rumah idaman, tentu saja Anda harus memikirkan kondisi keuangan. Ini adalah hal yang sangat krusial untuk dilakukan karena Anda akan membayar tagihan dalam waktu yang cukup lama.

Misalnya, ketika Anda memutuskan mengambil KPR dalam tempo 20 tahun, maka Anda harus membayar tagihan untuk rumah tersebut selama 20 tahun. Selama masa kredit tersebut, tentu Anda harus memiliki kondisi keuangan yang baik.

Nah, jika ketika Anda melakukan kalkulasi keuangan menemukan bahwa jumlah tagihan untuk KPR yang harus dibayarkan mencapai sepertiga gaji, maka Anda sebaiknya mengurungkan niat. Terlebih jika Anda tidak memiliki penghasilan tambahan. Hal ini dikarenakan kebutuhan Anda tentu tidak hanya KPR saja.

Hal lain terkait kondisi keuangan adalah kondisi sumber penghasilan. Tentu, ketika mengambil KPR, Anda harus memiliki sumber penghasilan tetap. Nah, coba tanyakan pada diri Anda, apakah sumber penghasilan saat ini bisa secara konsisten menyediakan uang untuk pembayaran cicilan KPR tersebut?

4. Amati suku bunga dan aturan KPR

Pertimbangan penting lain yang perlu diperhatikan ketika hendak memutuskan mengambil KPR adalah mengamati suku bunga yang dibebankan dari pihak bank ataupun lembaga keuangan. Tentu saja, besaran bunga yang ditawarkan berbeda, berkisar 8% hingga 12%.

Besaran bunga ini tentu harus menjadi perhatian. Jika tidak dipersiapkan dan dihitung dengan cermat, maka bunga seringkali menjadi batu sandungan kesulitan membayar cicilan.

Terkait bunga, saat ini, sudah mulai berkembang dengan cukup pesat KPR Syariah yang menawarkan KPR tanpa cicilan berbunga. Anda bisa mempertimbangkan opsi ini sebelum mengambil keputusan.

Selain itu, perhatikan aturan KPR lainnya. Tentu saja, KPR memiliki beberapa peraturan yang harus diperhatikan dengan baik, termasuk keterlambatan dalam pembayaran ataupun lainnya. Dengan memperhatikan peraturan tersebut, Anda akan jauh dari risiko yang bisa terjadi.

5. Siapkan uang muka

Umumnya, proses pengajuan KPR memerlukan uang muka sebagai tanda jadi. Besaran uang muka memang cukup beragam. Umumnya, besaran uang muka adalah sekitar 10% hingga 30% dari harga keseluruhan rumah.

Perlu diketahui bahwa uang muka yang diberikan nantinya akan berpengaruh pada besaran cicilan yang akan dibayarkan. Jika Anda memberikan uang muka dengan persentase yang lebih besar, maka tentu saja besaran cicilan yang harus dibayarkan akan cenderung lebih ringan.

Oleh karenanya, sebelum Anda memutuskan untuk mengambil KPR, maka siapkan uang muka. Jika bisa diusahakan, ambil uang muka dengan jumlah maksimal.

Beberapa hal di atas merupakan apa yang perlu Anda perhatikan ketika Anda hendak mengajukan KPR. Sebagai tambahan, jangan lupa untuk melakukan kalkulasi mengenai simulasi kredit rumah guna memberikan gambaran tagihan yang harus dibayarkan. Untuk mengetahui simulasi kredit rumah, Anda bisa berkunjung ke halaman https://www.rumah.com/kpr/kalkulators/simulasi-kredit-rumah.

Tags: #Beli Rumah #KPR Rumah

Beberapa Mesin Industri Yang Populer Di Tahun 2021
Beberapa Mesin Industri Yang Populer Di Tahun 2021
Seiring dengan perkembangan zaman,

Leave a reply "Ingin Membeli Rumah Dengan Sistem KPR? Simak Tips Berikut!"

Must read×

Top