Cegah Alzheimer dan Demensia Dengan Game Teka Teki Silang

In Aplikasi 4 views

Bukan hanya kesehatan tubuh yang harus dijaga hingga usia tua, namun kondisi otak juga tidak boleh diabaikan. Anda tentunya tidak ingin memiliki tubuh yang kuat dan sehat, namun mudah lupa atau pikun. Oleh karena itu, penting untuk terus mengasah kemampuan otak dengan salah satu caranya adalah dengan menyelesaikan game teka-teki silang.

Game Teka Teki Silang

Game Teka Teki Silang

Teka teki silang (TTS) adalah game klasik terkenal yang disukai semua orang. Biasanya TTS ditemukan di kolom surat kabar atau disediakan dalam bentuk buku. Beberapa orang sering menggunakan TTS untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa bosan. Namun, ternyata TTS memiliki banyak manfaat untuk otak.

TTS Mencegah Alzheimer dan Demensia

TTS ternyata dapat mencegah Anda dari penyakit demensia dan Alzheimer. Demensia adalah suatu kondisi di mana fungsi sel-sel otak berkurang sehingga membuat orang sulit untuk mengingat, melakukan aktivitas sehari-hari, dan melupakan pengalaman atau peristiwa sebelumnya.

Meskipun demensia umumnya dianggap sebagai fenomena normal, namun dapat menyebabkan banyak komplikasi termasuk depresi dan karenanya memiliki efek yang serius. Ada banyak cara untuk mencegah demensia, salah satunya dengan melakukan aktivitas yang merangsang otak, seperti teka-teki silang.

Berbagai penelitian telah membuktikan hal tersebut. Dibandingkan dengan orang yang tidak bermain TTS, lansia yang sering bermain TTS atau permainan puzzle lainnya memiliki risiko lebih rendah mengalami kerusakan otak dan gangguan memori.

Dari segi kesehatan mental, bermain teka-teki silang memiliki efek positif pada suasana hati. Tidak dapat disangkal bahwa teka-teki silang adalah permainan yang menyenangkan. Selama stres kerja, bermain teka-teki silang di waktu luang akan membantu Anda mengurangi stres.

Teka-teki silang juga memiliki manfaat sosial. Anda tidak harus mengerjakan teka-teki silang sendiri. Dengan beberapa teman, Anda bisa bermain teka-teki silang bersama. Ini dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan kerjasama serta meningkatkan keterampilan berpikir dan komunikasi. Saat diterapkan pada lansia, itu akan membuat Anda merasa diterima dan dihargai.

Menyelesaikan teka-teki silang bukanlah game zaman dulu karena masih dimainkan hingga saat ini bahkan sudah dibuat dalam bentuk aplikasi yang dapat didownload di smartphone. Anda bisa mendownload game teka-teki silang “Acak Kata – Teka Teki Silang Kekinian” di Play Store kemudian bermain bersama orang tua.

Tags: #Permainan TSS #Teka Teki Silang

No related post!

Leave a reply "Cegah Alzheimer dan Demensia Dengan Game Teka Teki Silang"

Must read×

Top