40 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

In Herbal 63 views

Jahe atau Zingiber officinale ialah salah satu jenis tanaman rimpang yang mempunyai rasa khas yang pedas. Bentuknya mungkin hampir sama dengan tanaman rimpang lain yang menggembung pada ruas tengahnya. Dibandingkan dengan tanaman rimpang lainnya, jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang paling populer. Bukan hanya sebagai bumbu masakan, akan tetapi banyak dikonsumsi sebagai minuman yang menghangatkan badan.

Macam-macam Jenis Jahe

Meskipun sudah dibedakan berdasarkan varietasnya dari tanaman rimpang, jahe juga mempunyai varietas, atau macam jahe itu sendiri. Secara umum, jahe dibedakan menjadi tiga jenis, yakni:

Jahe Merah. Jahe merah merupakan jenis jahe yang mempunyai serat berwarna merah dan paling banyak diketahui oleh masyarakat, lantaran banyak dimanfaatkan sebagai materi ‘wedang jahe’. Bentuknya kecil namun paling pedas diantara jenis jahe yang lain, menciptakan manfaat jahe merah banyak dipakai untuk materi dasar minuman jahe. Tingginya kandungan minyak atsiri pada jahe merah yang menciptakan jahe merah mempunyai rasa yang paling pedas diantara beberapa jenis jahe yang lain.

Jahe Kuning.  Sama halnya dengan jahe merah yang disebut lantaran warna seratnya, jahe kuning mempunyai warna serat berwarna kekuningan. Perbedaan mencolok antara jahe merah dan jahe kuning, yakni jahe kuning mempunyai bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan jahe merah. Jahe kuning juga memiiki rasa yang pedas. Jahe kuning juga banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

Jahe Gajah. Jahe gajah banyak disebutjuga dengan jahe badak. Ukuran jahe gajah paling besar jikalau dibandingkan dengan jahe merah dan jahe kuning. Tidak menyerupai jahe merah dan jahe kuning yang mempunyai rasa yang tajam, jahe gajah cenderung mempunyai rasa yang tidak terlalu pedas. Jenis jahe gajah inilah yang paling terkenal di pasar internasional.

 

Kandungan Jahe

Jahe memang mempunyai varietas atau macam yang berbeda, namun begitu, kandungan senyawa yang ada dalam satu tanaman jahe hampir sama, hanya saja berbeda kandungan kadarnya. Beberapa kandungan senyawa dan zat yang ada di dalam jahe yakni zingerberin, kamfena, lemonin, zingiberen, zingiberal, asam aksolat, asam malat, asam organik, minyak dammar, pati, gingerol, zingerol dan juga shogaol. Jahe juga mempunyai kandungan oleoresin dan juga minyak atsiri di dalamnya. Berbagai kandungan di dalam jahe tersebut tentunya mempunyai manfaat untuk kesehatan seperti manfaat jahe ketika flu dan manfaat jahe untuk diet.

 

Manfaat Jahe

Sudah tidak gila lagi apabila jahe tidak hanya dipakai untuk bumbu masakan, akan tetapi juga sanggup dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa problem kesehatan. adapun beberapa manfaat jahe untuk kesehatan, diantaranya:

 

    1. Meredakan Sakit Kepala

Jahe mempunyai rasa yang pedas serta sanggup membantu menghangatkan tubuh. Kandungan di dalam jahe juga sanggup membantu merangsang anutan darah keotak biar mengalir dengan lancar. Aliran darah yang lancar menuju otak sanggup membantu mencegah rasa pusing dan sakit kepala.

 

    1. Mengatasi Vertigo

Berbeda dengan pusing atau sakit kepala biasa, terkena vertigo akan lebih mengganggu lantaran vertigo sanggup menciptakan penderitanya menyerupai berputar. Kekurangan oksigen dan kurang lancarnya anutan darah keotak sanggup menjadi salah satu pemicu terjadinya vertigo. Mengkonsumsi air seduhan jahe, sanggup membantu meringankan pusing berlebihan lantaran vertigo.

 

    1. Mengatasi Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan penyakit yang menyerang sendi,dan biasanya disebut dengan radang sendi. Rasa nyeri pada ketika terkena osteoarthritis sanggup diatasi dengan kandungan asam salisilat yang terkandung dalam jahe. Tidak hanya menurunkan sakit pada sendi, meminum jahe secara rutin bagi penderita osteoarthritis sanggup membantu mengurangi zat kimia penyebab radang sendi a.

 

    1. Meredakan Perut Mual

Rasa pedas dan juga hangat yang ditimbulkan sehabis meminum air seduhan jahe sanggup membantu mengurangi rasa mual pada perut. Mual yang disebabkan lantaran perut kembung sanggup diatasi dengan meminum air jahe. Gas penyebab perut kembung tersebut akan keluar sehabis kandungan dalam jahe bekerja. selain itu anda juga sanggup mengambil manfaat kencur dan jahe untuk mengatasi perut mual dan kembung.

 

    1. Mencegah Morning Sickness

Sama halnya dengan mengalami mual perut kembung, morning sickness juga sanggup mengakibatkan rasa mual di perut. Bedanya, bukan disebabkan lantaran kembung, morning sickness mengakibatkan perut mual lantaran dalam masa awal kehamilan. Mengatasi mual lantaran morning sickness ini dihentikan dilakukan dengan mengkonsumsi obat pencegah mual. Namun sanggup diatasi dengan materi alami menyerupai manfaat jahe putih.

 

    1. Mengurangi Rasa Nyeri Menstruasi

Beberapa perempuan akan mengalami nyeri pada masa menjelang mestruasi maupun ketika awal mestruasi. Untuk membantu mengatasi nyeri menstruasi biasanya akan mengkonsumsi obat penahan rasa nyeri dan juga jenis obat –obatan lain yang sanggup mengatasi nyeri menstruasi. Selain memakai obat untuk mengatasi menstruasi, terdapat materi alami yakni jahe yang juga sanggup menghanyakan tubuh.

 

    1. Meredakan Batuk

Jahe mempunyai rasa yang hangat yang sanggup membantu melegakan batuk yang dialami. Kandungan gingerol dalam jahe sanggup dipakai sebagai solusi batuk. Memanfaatkan jahe untuk mengatasi batuk sanggup mengurangi imbas samping dari memanfaatkan obat yang berbahan kimia.

Jahe mempunyai banyak jenis, banyak manfaat menyerupai manfaat jahe dicampur madu, dan banyak cara yang sanggup dilakukan untuk mengkonsumsi jahe. Hanya saja, memang perlu diperhatikan beberapa hal yang menjadi pantangan atau batasan mengkonsumsi jahe setiap harinya. Agar lebih aman, meeskipun juga termasuk tanaman herbal, kadar konsumsi jahe juga sanggup didiskusikan terlebih dahulu bersama dengan dokter.

 

Tags: #Herbal #Manfaat Jahe

Manfaat Kunyit Untuk Anak 2 Tahun
Untuk masyarakat Indonesia, kunyit

Leave a reply "40 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh"

Must read×

Top